Pengertian Algoritma ( Sorting secara paralel, Searching secara paralel, Paralel Graph algorithm, paralel Programmimg palatform)
Soal :
1. Jelaskan mengenai Algoritma Sorting secara Pararel
2. Jelaskan mengenai Algoritma Searching secara Pararel
3. Jelaskan mengenai Parallel Graph Algorithm
4. Jelaskan mengenai Parallel Programming Platform
Jawaban:
1. Algoritma Sorting adalah kumpulan langkah-langkah penyelesaian dalam suatu masalah dengan metode tertentu, sedangkan sorting di definisikan sebagai pengurutan sejumlah data berdasarkan nilai kunci tertentu untuk mengurutkan nilai dari yang terkecil (ascending) atau sebaliknyya, Sorting memiliki kepentingan tambahan bagi perancang algoritma paralel; ia sering digunakan untuk melakukan permutasi data umum pada komputer dengan memori terdistribusi. Operasi pemidahan data ini dpt digunakan untuk menyelesaikan masalah pada:
• teori graf
• geometri komputasional
• image processing dalam waktu optimal atau hampir optimal.
Algortima yg dipelajari merupakan internal sort yaitu,tabel yang di sort cukup kecil untuk masuk seluruhnya di memori primer
2. Pencarian adalah salah satu operasi mendasar dalam ilmu komputer. Ini digunakan disemua aplikasi dimana kita perlu menemukan apakah suatu elemen ada dalam daftar yang diberikan atau tidak.
Dalam algoritma searching ada yang disebut dengan Membagi dan menaklukan, dalam pendekatan membagi dan menaklukan, masalahnya dibagi mnjadi beberapa sub maslah kecil. Kemudian sub maslah diselesaikan secara rekursif dan digabungkan untuk mendapatkan solusi dari masalah aslinya. Pendekatan membagi dan menaklukan melibatkan langkah-langkah berikut disetiap tingkat.
a. Divide masalah asli dibagi menjadi sub maslah.
b. Taklukan sub masalah diselesaikan secara rekrusif
c. Combine solusi dari sub masalah digabungkan untuk mendapatkan solusi dari masalah asli.
Pencarian binner adalah contoh dari algoritma divide and conquer, ada bebrapa hal dalam pencarian biner yaitu :
1. Pencarian kedalam Pertama
Depth First Search or DFS adalah algoritma untuk mencari pohon atau data grafik yang tidak diarahkan struktur. Disini, konsepnya adlah mulai dari simpul awal yang dikenal sebagai root dan melintas sebagai sejauh mungkin dicabang yang sama. Jika mendapatkan simpul tanpa simpul penerus maka kembali dan lanjut dengan titik yang belum dikunjungi. Langkah-langkah pencarian kedalaman pertama pertimbangan simpul root yang tidak dikunjungi sebelumnya dan tandai itu dikunjungi.Kunjungi simpul suksesor yang berdekatan pertama dan tandai itu dikunjungi. Jika semua simpul penerus dari simpul yang dipertimbangkan sudah dikunjungi atau tidak ada lebih banyak simpul penerus, kebai ke simpul induknya.
2. Pencarian Luas Pertama
Breadth First Search or BFS adalah algoritma untuk mencari pohon atau data grafik yang tidak diarahkan struktur.Mulai dengan sebuah node dan kemudian mengunjungi semua node yang berdekatan di level yang sama dan kemudian pindah kesimpul suksesor yang berdekatan ditingkat berikutnya. Ini juga dikenal sebagai level demi level pencarian. Langkah-langkah Pencarian Luas Pertama Mulai dengan simpul root, tandai itu kunjungi. Karena simpul akar tidak memiliki simpul ditingkat yang sama, lanjutkan ke tingkat berikutnya. Kunjungi semua node yang berdekatan dn tandai mereka mengunjungi semua node yang berdekatan yang belum dikunjungi. Lanjutkan proses ini sampai semua node dikunjungi.
3. Grafik adalah notasi abstrak yang digunakan untuk mewakili koneksi antara pasangan objek. Sebuah grafik terdiri dari Verteks Object yang saling berhubungan dalam grafik disebut simpul. Verteks juga dikenal sebagai node. Tpi-tepi adalah tautan yang menghubungkan simpul.
Ada dua jenis grafik:
• Grafik terarah, dalam grafik berarah ujung-ujungnya memiliki arah, mis. Tepi berganti dari satu titik kepada yang ain.
• Grafik tidak terarah, dalam grafik tidak terarah ujung-ujungnya tidak memiliki arah.
4. Parallel Programming Platform adalah sebuah pandangan logis tradisional dari komputer berurutan yang terdiri dari memori yang terhubung ke prosesor melalui datapath.
Tiga komponen yaitu: prosesor, memori dan data yang dapat menampilkan antrian data untuk tingkat pemrosesan keseluruhan sistem komputer. Sejumlah inovasi arsitektur selama bertahun-tahun telah membahas ini. Salah satu inovasi yang paling penting adalah banyaknya di unit pengolahan, datapath, dan unit memori. Multiplisitas ini baik seluruhnya tersembunyi dari programmer, seperti dalam kasus paralelisme implisit atau terkena programer dalam bentuk yang berbeda.
1. Jelaskan mengenai Algoritma Sorting secara Pararel
2. Jelaskan mengenai Algoritma Searching secara Pararel
3. Jelaskan mengenai Parallel Graph Algorithm
4. Jelaskan mengenai Parallel Programming Platform
Jawaban:
1. Algoritma Sorting adalah kumpulan langkah-langkah penyelesaian dalam suatu masalah dengan metode tertentu, sedangkan sorting di definisikan sebagai pengurutan sejumlah data berdasarkan nilai kunci tertentu untuk mengurutkan nilai dari yang terkecil (ascending) atau sebaliknyya, Sorting memiliki kepentingan tambahan bagi perancang algoritma paralel; ia sering digunakan untuk melakukan permutasi data umum pada komputer dengan memori terdistribusi. Operasi pemidahan data ini dpt digunakan untuk menyelesaikan masalah pada:
• teori graf
• geometri komputasional
• image processing dalam waktu optimal atau hampir optimal.
Algortima yg dipelajari merupakan internal sort yaitu,tabel yang di sort cukup kecil untuk masuk seluruhnya di memori primer
2. Pencarian adalah salah satu operasi mendasar dalam ilmu komputer. Ini digunakan disemua aplikasi dimana kita perlu menemukan apakah suatu elemen ada dalam daftar yang diberikan atau tidak.
Dalam algoritma searching ada yang disebut dengan Membagi dan menaklukan, dalam pendekatan membagi dan menaklukan, masalahnya dibagi mnjadi beberapa sub maslah kecil. Kemudian sub maslah diselesaikan secara rekursif dan digabungkan untuk mendapatkan solusi dari masalah aslinya. Pendekatan membagi dan menaklukan melibatkan langkah-langkah berikut disetiap tingkat.
a. Divide masalah asli dibagi menjadi sub maslah.
b. Taklukan sub masalah diselesaikan secara rekrusif
c. Combine solusi dari sub masalah digabungkan untuk mendapatkan solusi dari masalah asli.
Pencarian binner adalah contoh dari algoritma divide and conquer, ada bebrapa hal dalam pencarian biner yaitu :
1. Pencarian kedalam Pertama
Depth First Search or DFS adalah algoritma untuk mencari pohon atau data grafik yang tidak diarahkan struktur. Disini, konsepnya adlah mulai dari simpul awal yang dikenal sebagai root dan melintas sebagai sejauh mungkin dicabang yang sama. Jika mendapatkan simpul tanpa simpul penerus maka kembali dan lanjut dengan titik yang belum dikunjungi. Langkah-langkah pencarian kedalaman pertama pertimbangan simpul root yang tidak dikunjungi sebelumnya dan tandai itu dikunjungi.Kunjungi simpul suksesor yang berdekatan pertama dan tandai itu dikunjungi. Jika semua simpul penerus dari simpul yang dipertimbangkan sudah dikunjungi atau tidak ada lebih banyak simpul penerus, kebai ke simpul induknya.
2. Pencarian Luas Pertama
Breadth First Search or BFS adalah algoritma untuk mencari pohon atau data grafik yang tidak diarahkan struktur.Mulai dengan sebuah node dan kemudian mengunjungi semua node yang berdekatan di level yang sama dan kemudian pindah kesimpul suksesor yang berdekatan ditingkat berikutnya. Ini juga dikenal sebagai level demi level pencarian. Langkah-langkah Pencarian Luas Pertama Mulai dengan simpul root, tandai itu kunjungi. Karena simpul akar tidak memiliki simpul ditingkat yang sama, lanjutkan ke tingkat berikutnya. Kunjungi semua node yang berdekatan dn tandai mereka mengunjungi semua node yang berdekatan yang belum dikunjungi. Lanjutkan proses ini sampai semua node dikunjungi.
3. Grafik adalah notasi abstrak yang digunakan untuk mewakili koneksi antara pasangan objek. Sebuah grafik terdiri dari Verteks Object yang saling berhubungan dalam grafik disebut simpul. Verteks juga dikenal sebagai node. Tpi-tepi adalah tautan yang menghubungkan simpul.
Ada dua jenis grafik:
• Grafik terarah, dalam grafik berarah ujung-ujungnya memiliki arah, mis. Tepi berganti dari satu titik kepada yang ain.
• Grafik tidak terarah, dalam grafik tidak terarah ujung-ujungnya tidak memiliki arah.
4. Parallel Programming Platform adalah sebuah pandangan logis tradisional dari komputer berurutan yang terdiri dari memori yang terhubung ke prosesor melalui datapath.
Tiga komponen yaitu: prosesor, memori dan data yang dapat menampilkan antrian data untuk tingkat pemrosesan keseluruhan sistem komputer. Sejumlah inovasi arsitektur selama bertahun-tahun telah membahas ini. Salah satu inovasi yang paling penting adalah banyaknya di unit pengolahan, datapath, dan unit memori. Multiplisitas ini baik seluruhnya tersembunyi dari programmer, seperti dalam kasus paralelisme implisit atau terkena programer dalam bentuk yang berbeda.
Komentar
Posting Komentar